M. S. Kaban


Malem Sambat (MS) Kaban SE MSi, (lahir di Binjai, Sumatera Utara, 5 Agustus 1958) merupakan Menteri Kehutanan (Menhut) di Kabinet Indonesia Bersatu. Pada 1 Mei 2005, ia diangkat sebagai Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB).

Biografi

Ka'ban adalah putra dari pasangan S. Tarigan, seorang ibu rumah tangga, dan A.M.
Kaban (alm), seorang pedagang. Ia menikah dengan Nurmala Dewi, dan memiliki tujuh anak. Kaban dikenal sebagai anggota DPR dan MPR, dan salah satu petinggi PBB sebelum diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Menhut.

Selain itu, dia pernah terlibat dalam pengembangan sumber daya manusia di Jakarta Public Relation, dan terjun meneliti potensi ekonomi wilayah Taman Nasional Gunung Leuser pada 1992. Dia juga Ketua tim Penelitian Potensi Ekonomi Lemah di tahun 1993, serta menjadi peneliti muda pada studi pengkajian Strategi Pengusahaan Anak Perusahaan Joint Venture Pertamina pada 1994.

Namanya dikaitkan dalam kasus penyimpangan aliran dana BLBI ketika menjadi anggota Komisi VI DPR RI periode 1999 - 2004.
Selain itu, ia juga dikaitkan dengan kasus korupsi pengusaha kayu ternama Sumatera Utara, Adelin Lis. Meski desakan mundur tarhadapnya cukup kencang namun Kaban tetap bertahan di kabinet karena menurutnya dirinya mundur jika presiden menghendakinya.

Pengalaman akademik
Dosen, Universitas Ibnu Khaldun, Bogor
Dosen, Universitas Islam As Syafiiyah

wikipedia.