Halaman

KASUM TNI BUKA GELADI MAKO PPRC TNI 2009



27 Okt 2009


PUSPEN TNI (27/10),- Agar diperoleh kesiapsiagaan yang tinggi, maka TNI telah memprogramkan latihan PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) dalam bentuk kegiatan Geladi Mako, yang bertujuan meningkatkan kemampuan profesionalisme unsur-unsur pimpinan dalam prosedur hubungan Komando dan Staf, PPRC TNI guna mendukung pencapaian tugas pokok.


Demikian amanat Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo pada upacara pembukaan Geladi Mako PPRC TNI, di Makodif-I Kostrad Cilodong, Bogor, Jawa Barat, Senin (26/10).


Kepada peserta geladi, Panglima TNI menekankan agar melaksanakan geladi ini dengan penuh kesungguhan, dedikasi dan disiplin tinggi serta penuh rasa tanggung jawab ; Pelihara realisme geladi dan disesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategis serta kemungkinan kontinjensi yang mungkin timbul di wilayah daratan, sehingga dapat mewujudkan suatu konsep strategi penangkalan dan penindakan yang dapat dioperasionalkan dalam kondisi yang sebenarnya. Rencana operasi yang dirumuskan harus dapat memvisualisasikan gambaran konsep operasi yang terintegrasi dan terkoordinasi, baik berupa manuver maupun bantuan yang diperlukan ; Temukan dan inventarisasi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan kesiapan personel, materiil serta piranti lunak pada satuan dibawah komando dan kendali operasi PPRC TNI jika dihadapkan kepada tugas yang sebenarnya ; Berdayakan sumber daya manusia dan manfaatkan sumber dana yang tersedia secara maksimal, sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran geladi dengan efektif dan efisien.


Geladi Mako PPRC TNI dilaksanakan mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 1 Nopember 2009, diikuti oleh 150 personel terdiri dari 31 personel dari Brigif-17 Linud Kostrad, 33 personel dari Kormar dan Korps Pelaut, 32 personel dari Wing-I Paskhas dan 54 personel dari Divisi Infanteri-1 Kostrad.


Upacara pembukaan Geladi Mako PPRC TNI 2009 yang bertindak sebagai komandan upacara, Kolonel Inf Muslimin Akib, jabatan sehari-hari Komandan Brigade Infanteri-17 Linud. Hadir dalam upacara antara lain, Pangkostrad – Letjen TNI George Toi Sutta, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Supiadin AS, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Agus Mudigdo dan Kapuspen TNI Marsda TNI Sagom Tamboen serta para Asisten masing-masing angkatan. Sumber http://www.tni.mil.id