Halaman

JABATAN DANLANMAR SURABAYA SERTA DANKOLATMAR DISERAHTERIMAKAN

12 Okt 2009


DISPENAL (12/10),- Jabatan Komandan Pangkalan Marinir Surabaya dan Komandan Komando Latih Marinir, Rabu (7/10) lalu diserahterimakan di hadapan Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) M. Alfan Baharudin dalam suatu upacara militer di lapangan Kesatrian Marinir Usman Jl. Opak Surabaya.


Kolonel Marinir Enjang Suryana dilantik sebagai Komandan Pangkalan Marinir Surabaya yang baru menggantikan Kolonel Marinir Amirudin Harun, dan Kolonel Marinir Purwadi dilantik sebagai Komandan Komando Latih Marinir yang baru menggantikan Kolonel Marinir Siswoyo HS.


Kolonel Marinir Enjang Suryana sebelumnya menjabat sebagai Asisten Logistik Kaspasmar-1, sedangkan Kolonel Marinir Amirudin Harun akan menempati pos baru di Kobangdikal.


Sementara itu Kolonel Marinir Purwadi sebelumnya menjabat sebagai Komandan Brigif-2 Marinir Jakarta, dan Kolonel Marinir Siswoyo HS akan menempati pos baru sebagai Asisten Personalia Korps Marinir.


Pada kesempatan itu Komandan Korps Marinir mengatakan, serah-terima jabatan merupakan proses regenerasi organisasi dan kaderisasi jabatan di lingkungan Korps Marinir. Serah-terima jabatan juga dikatakan sebagai upaya penyegaran pemikiran untuk meningkatkan kinerja organisasi sekaligus merupakan kesinambungan pembinaan personel.


Dalam organisasi Korps Marinir, lanjut Dankormar, Kolatmar mempunyai tugas pokok membina kemampuan Kolak-kolak Kormar sebagai pasukan pendarat dalam operasi amfibi, operasi darat, operasi khusus lainnya dan pengembangan taktik serta prosedur dalam pembinaan kekuatan Marinir.


Tentang Pangkalan Marinir Surabaya dikatakan mempunyai tugas pokok memberikan dukungan dan pelayanan dalam mewujudkan kesiapan operasional satuan di wilayahnya.


Lebih lanjut Komandan mengatakan, dengan adanya keterbatasan anggaran, perlu dilakukan efisiensi dan efektivitas serta menentukan skala prioritas yang tepat dalam melaksanakan tugas dan fungsi dari masing-masing Satuan.


“Keterbatasan anggaran, hendaknya jangan dijadikan kendala dalam rangka meningkatan pembinaan kemampuan dan profesionalisme prajurit, sehingga fasilitas pemeliharaan dan perbaikan, fasilitas pembekalan, fasilitas perawatan personel dan fasilitas pembinaan pangkalan, serta alat peralatan yang dimiliki dapat difungsikan dengan baik, “ tegas Dankormar.


Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolwiltabes Surabaya Kombes Pol Ronie F. Sompie, Wakil Walikota Surabaya Arief Afandi, pejabat teras Korps Marinir dan undangan lainnya. Sumber http://www.tni.mil.id